Berapa Efisiensi generator?

Apa itu generator?

Generator (listrik) adalah alat yang berfungsi untuk mengubah energi mekanik atau kimia menjadi energi listrik. Generator biasanya menggunakan motor, turbin, mesin, crank shaft,  piston, atau sumber energi mekanis lainnya. Demikian juga, generator dapat menggunakan bahan kimia atau bahan lain yang menghasilkan listrik saat dicampur atau dinyalakan. Generator tidak menghasilkan listrik itu sendiri, namun hanya menghasilkan aliran listrik dengan memaksa elektron dari sumber eksternal mengalir melalui sirkuit listrik. Generator digunakan untuk berbagai tujuan dan tersedia dalam berbagai bentuk.

contoh Generator

Bagaimana Generator Berfungsi?
Generator menggunakan berbagai macam sumber eksternal untuk menghasilkan arus listrik. Generator dibuat untuk menghasilkan listrik untuk seluruh bangunan, kota, atau wilayah. Air, angin, aktivitas seismik, tenaga kerja manual, magnetisme, uap, udara tekan, atau bensin, bisa menjadi pembangkit listrik. Namun, generator berbahan bakar bensin adalah yang paling umum untuk aplikasi komersial dan domestik. Pada jenis generator apa pun, gaya mekanik digunakan untuk memindahkan alat turbin atau alat putar lainnya untuk merangsang elektron dan menginduksi arus listrik di sirkuit. Listrik kemudian diarahkan melalui kabel tembaga untuk menyalakan mesin eksternal seperti sistem pencahayaan atau perangkat elektronik lainnya.

Aplikasi
Generator listrik memiliki banyak kegunaan dan dapat dilihat di seluruh dunia dalam sejumlah model. Misalnya, generator yang sering digunakan di rumah sakit, gedung perkantoran, dan supermarket untuk menyediakan listrik ke seluruh bangunan saat listrik terganggu. Hal ini penting  karena perangkat elektronik sangat bergantung pada pasokan listrik yang konstan. Generator juga digunakan di pembangkit listrik untuk mengubah energi nuklir, mekanik, atau kimia menjadi listrik yang didistribusikan oleh perusahaan listrik ke seluruh kota atau kota. Generator rumah tangga biasa digunakan untuk perangkat listrik rumah tangga dasar, seperti sistem pencahayaan dan lemari es, ketika terjadi pemadaman, sampai listrik dapat dipulihkan kembali. Penting juga untuk dicatat bahwa alternator yang ditemukan di setiap mobil modern adalah salah satu bentuk generator listrik. Untuk mengetahui perbandingan antara generator dan alternator, bisa dilihat pada postingan ini Mana yang lebih baik, Alternator atau generator?

Berapa Efisiensi Generator?
Efisiensi generator ditentukan oleh kekuatan rangkaian beban dan total watt yang dihasilkan oleh generator. Efisiensi inyatakan sebagai persentase listrik yang mampu dihasilkan dibagi dengan input generator. Untuk kebanyakan generator listrik komersial, Efisiensi bisa lebih dari 95 persen. Kerugian/Loses yang terjadi biasanya berasal dari transformator, gulungan tembaga, kehilangan magnetisasi pada inti dan gesekan  akibat rotasi generator.

Semoga bermanfaat!!


sumber :
http://www.tech-faq.com/what-is-a-generator.html
https://sciencing.com/calculate-efficiency-electrical-generator-7770974.html

Komentar

Postingan Populer