Fungsi Pelumasan dan macam macam gesekan
Assalamu'alaikum Wr. Wb,
Pada postingan ini, saya mencoba berbagi pengetahuan saya tentang pelumasan. Silahkan disimak yaa...
Pada postingan ini, saya mencoba berbagi pengetahuan saya tentang pelumasan. Silahkan disimak yaa...
Pelumasan merupakan mekanisme yang harus dilakukan untuk
melindungi benda yang kontak secara langsung seperti kontak antara poros dan
bantalan. Poros dan bantalan yang kontak secara langsung akan menyebabkan
gesekan yang cenderung merugikan kedua benda tersebut. Bila gesekan terus
menerus terjadi tanpa adanya pelumasan yang diberikan akan mengakibatkan
keausan benda tersebut. Akibatnya, umur pakai kedua benda tersebut akan pendek.
Untuk itulah dibutuhkan cairan pelumas agar gesekan ini dapat dihindari.
1. Defenisi Gesekan(Friction)
Gesekan adalah gaya yang cenderung menghambat atau melawan
gerakan suatu benda.
2. Jenis jenis gesekan
Ada 3 jenis gesekan yaitu:
a. Gesekan sliding(Sliding
Friction)
Gesekan ini terjadi pada dua benda yang memiliki permukaan
rata dimana tiap benda bergerak relative satu dengan yang lainnya. Contohnya
yaitu gesekan yang terjadi pada silinder internal combustion engine yaitu
antara piston dan bore.
Gesekan sliding
b. Gesekan Rolling
Gesekan ini terjadi pada
elemen benda yang berputar. Contohnya yang terjadi pada element rolling di ball
bearing, roller bearing dan lainnya
Gesekan rolling
c. Gesekan
Kombinasi(Kombinasi sliding dan rolling)
Gesekan ini merupakan
kombinasi antara sliding dan rolling seperti yang terjadi pada roda gigi
Gesekan Kombinasi
Fungsi Pelumas
Ada beberapa fungsi
pelumas, yaitu:
1. Sebagai pemberi lapisan batas antara 2 benda
yang bersentuhan
Pelumas membatasi agar
kedua permukaan tidak langsung bersentuhan
2. Sebagai Pendingin
Gesekan yang terjadi akan
menyebabkan panas dan apabila berlebihan akan menyebabkan kerusakan
3. Sebagai perapat
Pelumas berfungsi untuk
menghalangi bocornya hydrogen dari poros alternator ke udara
4. Untuk mengurangi
korosi
Pelumas melindungi
permukaan logam dengan mebentuk lapisan tipis agar tidak kontak langsung dengan
oksigen ataupun zat penyebab korosi lainnya
5. Sebagai peredam kejut
Beban kejut dapat terjadi
pada komponen mesin, diantaranya pada roda gigi. Lapisan minyak pelumas akan
memperkecil benturan diantara permukaan roda gigi yang saling bersinggungan,
sehingga dapat meredam getaran dan noise
Baca juga artikel lainnya...
Komentar
Posting Komentar