Ukuran pipa PVC standard

Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Bagi anda yang pekerjaannya sehari hari adalah perancang mesin, ataupun mahasiswa akhir yang sedang melaksanakan perancangan mesin untuk tugas akhir, ataupun jenis pekerjaan lain yang sedang melakukan perancangan mesin, tentunya sering membutuhkan data spesifikasi material yang ada di pasaran. Hal ini untuk memudahkan dalam pembeliannya. Perancang tentu saja akan mengalami kesulitan andaikan komponen yang dirancangnya susah untuk dicari di pasaran. Dengan mengetahui ukuran standardnya, tentu akan memudahkan desainer dalam merealisasikan desainnya ke benda kerja.

Berikut ini akan ditampilkan ukuran pipa PVC standard dan aksesorisnya. Ukuran yang ditampilkan adalah berdasarkan pabrikan Wavin. Untuk ukuran PVC lainnya, bisa dicari di internet. Harga tidak ditampilkan dikarenakan lokasi dimana benda itu di jual. Berikut ini list ukurannya. 

untuk pipa PVC kelas AW ditampilkan sebagai berikut:

untuk pipa PVC kelas D ditampilkan sebagai berikut:
Kelas AW digunakan pada penggunaan kebutuhan air bertekanan tinggi sampai tekanan kerja 10 kg/cm2. Sementara untuk pipa kelas D, digunakan untuk saluran pembuangan dan limbah. Masing masing memiliki panjang standar 4 m.

Material properties dari pipa wavin, ditunjukkan sebagai berikut

Selain pipa, Wavin menyediakan elbow, fitting tee, valve socket, socket.






Untuk ukuran fitting, ada beberapa jenis fitting untuk pipa PVC yaitu fitting Tee(AW), Elbow (AW), Valve socket (AW), Socket (AW) dan jenis lainnya. Untuk ukuran lengkapnya bisa didownload melalui tautan berikut ini:

Semoga bermanfaat!!

Mungkin anda tertarik membaca artikel ini...

Komentar

Postingan Populer